Sabua Foundation Mendukung Komunitas Literasi Terang Lakaan

 

Lapak Baca di Tapal Batas, Desa Dirun, Lookun

Dunia pendidikan, lebih khusus di bidang literasi masih menjadi problem paling mendasar bagi daerah-daerah di Indonesia bagian timur, terutama di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste, tepatnya di tapal batas Belu, Weluli.

Menanggapi hal ini, Mario Leon, salah satu pengurus Sabua Foundation untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur turut tergabung dalam komunitas literasi Terang Lakaan. Adapun komunitas ini berfokus pada upaya menghadirkan bahan bacaan yang menurut Mario masih sangat minim di daerah tersebut.

"Komunitas Literasi Terang Lakaan, bertujuan untuk menggalang donasi berupa buku yang sangat dibutuhkan untuk membuka cakrawala berpikir generasi penerus di wilayah perbatasan yang selalu diabaikan." Ungkap Mario.

"Prinsipnya adalah kami ingin saling menopang, jika kita bisa diberikan kesempatan untuk sekolah di kota maka kita tidak boleh lupa dengan mereka yang ada di kampung-kampung terpencil, mereka yang kurang beruntung membutuhkan sarana agar mereka bisa memiliki pengetahuan seperti kita, meskipun tidak berkesempatan merasakan ruang kelas.." Lanjut Mario.

Saat ini, Komunitas Literasi Terang Lakaan membutuhkan bantuan berupa donasi buku sebagai penunjang paling utama bagi keberlangsungan tujuan komunitas, dengan adanya koleksi buku maka diharapkan minat baca dan akses terhadap buku-buku semakin meningkat. Mengingat hak pendidikan salah satunya adalah ketersediaan buku bacaan.

"Sebagai lembaga yang bergerak bagi pemajuan pendidikan di Indonesia Bagian Timur, pada dasarnya Sabua Foundation sangat mendukung komunitas-komunitas lain yang secara lokal bergerak dengan tujuan yang sama.." Ungkap Muhammad Guntur Cobobi sebagai direktur umum Sabua Foundation.

"Karena itulah kami akan mengupayakan sesuai dengan kemampuan kami untuk turut berkontribusi pada program-program komunitas seperti ini, termasuk mengusahakan donasi berupa buku dan lain sebagainya.." Lanjutnya.

Karena itu, bagi yang berminat mendonasikan bukunya agar bisa menghubungi nomor 082146024031 atau langsung menghubungi media sosial Komunitas Literasi Terang Lakaan.

Lebih baru Lebih lama